Kenali Dampak dan Manfaat Blog

Selasa, 26 Juni 2012 17:30 wib | Margaret Puspitarini - Okezone

Foto : UGM Foto : UGM JAKARTA - Siapa tidak kenal blog? Ya, fasilitas yang semula disediakan untuk menampung hobi menulis ini kemudian berkembang dan dimanfaatkan sebagai media promosi bisnis. Sebenarnya, apa manfaat yang dapat kamu peroleh dengan memanfaatkan blog?

Menurut Kepala PPTIK (Pusat Pelayanan Teknologi Informasi dan Komunikasi) Universitas Gadjah Mada (UGM) Khabib Mustofa, blog dapat digunakan sebagai sarana untuk menyalurkan hobi dan kemampuan menulis. “Pengalaman sekecil apa pun tuangkan saja dalam blog agar kemampuan dan hobi menulis kita tersalurkan,” kata Khabib, seperti dikutip dari laman UGM, Selasa (26/6/2012).

Melalui blog, lanjut Khabib, maka tulisan dan pemikiran kita juga bisa dikomentari oleh orang lain sehingga ada diskusi interaktif. Meskipun saat ini keberadaan blog sudah mulai bergeser pada sosial media seperti facebook dan twitter namun blog tetap bermanfaat asalkan digunakan untuk hal-hal yang positif. “Memang ada pergeseran ke sosial media tapi blog tetap akan bermanfaat asalkan dipergunakan dengan benar,” imbuhnya.

Namun, Khatib mengingatkan, blog juga memiliki sisi negatif blog jika tidak digunakan dengan benar. Salah satunya adalah rawan munculnya plagiarisme. "Pengambilan tulisan yang tidak mencantumkan sumber atau penulis aslinya sehingga akan mengarah kepada plagiarisme. Apalagi jika pencantuman tersebut dimanfaatkan untuk tujuan komersial. Ini yang harus diwaspadai padahal sebelumnya tulisan itu gratis untuk publik tetapi kemudian dikomersialkan,” tuturnya.

Untuk mengapresiasi para blogger, UGM pun menggelar Kontes Blog UGM 2012. Dari 125 peserta, terpilih tiga pemenang utama, juara harapan, dan penulis dengan komentar pembaca terbanyak. Pemilihan pemenang berdasarkan kualitas materi dan isi yang ditampilkan dalam blog para peserta.(mrg) (rhs)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

  • 26
    April
    Sabtu, 26 April 2014
    Korean Culture Day 2014 di UI
  • 27
    April
    Minggu, 27 April 2014
    Menggila di Hammersonic 2014
  • 02
    Mei
    Jum'at, 02 Mei 2014
    ITS Expo 2014

SPEAK UP

Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini

Dulu, Kartini memperjuangkan hak-hak perempuan agar bisa setara dengan laki-laki; dalam pendidikan dan banyak hal. Setelah kesetaraan gender tersebut tercapai, bagaimana kita bisa mengisi refleksi perjuangan Kartini?  Kirimkan opinimu melalui rubrik Suara Mahasiswa Periode 21-27 April 2014 dengan tema "Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini" melalui email ke alamat kampus@okezone.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA ยป