Tips untuk Bersinar Bagi Si Anak Baru

Minggu, 24 Juni 2012 10:02 wib | Margaret Puspitarini - Okezone

Ilustrasi : Corbis Ilustrasi : Corbis MENJADI anak baru di tempat kerja bukan alasan untuk tidak mengembangkan diri. Bahkan atasan pun tidak akan menutup mata untuk mempromosikanmu ke jenjang yang lebih tinggi jika dia memang merasa kamu memiliki potensi yang dibutuhkannya.

Tidak ada garansi untuk mencapai sebuah kesuksesan. Namun, dengan sikap dan tindakan yang tepat, tentu membuatmu selangkah lebih dekat dalam meraih kesuksesan. Tanamkan dalam hati bahwa tidak ada yang bisa menghentikanmu untuk bersinar, meski berstatus anak baru.

Lalu, sikap atau tindakan seperti apa yang akan membuat sang anak baru bersinar? Berikut beberapa tips mengembangkan potensi diri bagi anak baru seperti dikutip dari buku Anak Bawang Cari Peluang, Minggu (24/6/2012).

Disiplin

Mulailah menerapkan disiplin diri sejak dini. Disiplin di sini berarti, kemampuanmu membagi waktu dan bertanggung jawab terhadap waktu yang telah kamu tentukan. Salah satu contoh disiplin tinggi ialah menyelesaikan tugas tepat waktu. Bahkan, ketika mampu menyelesaikan pekerjaan dalam waktu yang lebih cepat, maka kamu memiliki waktu lebih untuk memperkaya pengetahuan lewat membaca, browsing, dan berbincang dengan rekan kerja.

Kesuksesan

Arti sukses bergantung pada tiap pribadi. Demikian pula formula yang dibutuhkan untuk meraih kesuksesan tersebut. Penting bagi anak baru untuk mengetahui tujuan sukses yang ingin dicapai ketika bergabung dalam perusahaan tersebut. Saat memiliki tujuan, maka kamu akan lebih fokus untuk meraih tujuan tersebut dengan mengembangkan potensi diri yang dimiliki.

Ketulusan
Perlakukan pekerjaan dan tanggung jawab yang kamu emban dengan tulus dan menikmatinya. Tulus dalam bekerja juga dapat diartikan sarana berbagi ilmu. Anak baru bukan alasan bagimu untuk berbagi atau menimba ilmu sebanyak mungkin. Percayalah, ketika kamu berbagi ilmu yang dimiliki, maka saat itu kamu menjadi aset bagi perusahaan tersebut.

Karisma diri
Karisma pada diri seseorang bisa dibentuk. Memiliki karisma berguna untuk membuat orang lain segan dan menghormatimu.(mrg) (rhs)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

  • 27
    April
    Minggu, 27 April 2014
    Menggila di Hammersonic 2014
  • 02
    Mei
    Jum'at, 02 Mei 2014
    ITS Expo 2014

SPEAK UP

UN Perlu Pakai Ritual Nggak Sih?

Ujian nasional (UN) sudah di depan mata. Duh, harus rajin belajar nih. Sebelum menghadapi UN, perlu ritual khusus nggak sih buat kalian? Kirimkan pendapat kalian ke rubrik Suara Mahasiswa periode 8-16 Maret 2014 dengan tema "UN Perlu Pakai Ritual Nggak Sih?" ke alamat email kampus@okezone.com. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling kece pastinya.. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA ยป