Peraih Nilai UN Tertinggi Dapat Beasiswa di IPB

Jum'at, 22 Juni 2012 15:03 wib | Margaret Puspitarini - Okezone

Peraih Nilai UN Tertinggi Dapat Beasiswa di IPB Ilustrasi : ist. JAKARTA - Siswi peraih nilai Ujian Nasional (UN) 2012 murni tertinggi tingkat SMA Triawati Octavia memilih Institut Pertanian Bogor (IPB) sebagai tempatnya untuk melanjutkan pendidikan. Berdasarkan prestasinya, Tria masuk IPB melalui jalur Beasiswa Utusan Daerah (BUD).

Tria mengaku sangat bangga mendapat kesempatan beasiswa untuk dapat melanjutkan kuliah. “Saya sangat bangga bisa masuk IPB. Apalagi saya masuk IPB atas bantuan beasiswa pemerintah daerah dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud),” ungkap Tria, seperti disitat dari siaran pers yang diterima Okezone, Jumat (22/6/2012).

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuningan mengajukan kebutuhan sumber daya manusia yang mempunyai keahlian kedokteran hewan. Maka, berdasarkan hal tersebut, Pemkab Kuningan menawarkan BUD Fakultas Kedokteran Hewan IPB kepada Triawati Oktavia.

“Di satu sisi ada kebutuhan sumber daya manusia di pemerintah daerah, sementara di sisi lain saya pun siap menerima untuk belajar di Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) IPB. Sudah sejak dulu saya berharap bisa mengabdi pada pemerintah daerah Kuningan. Saya juga sangat berharap bisa masuk IPB,” ujar alumnus kelas XII IPA 5 SMA Negeri 2 Kuningan ini.

Sebelum ada tawaran masuk IPB jalur BUD ini, Tria sudah mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tingi Negeri (SNMPTN) jalur Tertulis dan memilih IPB pada pilihan pertama. Namun tepat saat pelaksanan ujian tertulis, Tria diundang Kemendikbud untuk mengikuti peringatan Hari Pendidikan Nasional, sehingga tidak ikut ujian. “Saya benar-benar berharap diterima di IPB, karena saya tidak mengikuti ujian tertulis, sehingga kesempatan saya hanya BUD,” kata Tria.

Menurut dara peraih nilai UN 58,6 itu prestasi akademiknya di SMAN 2 Kuningan tergolong biasa saja. Bahkan, Tria mengaku tidak pernah menjadi juara kelas. Prestasi tertingginya adalah menembus 15 besar di kelas. Namun, saat hasil ujian nasional SMA diumumkan, dia berhasil menempati peringkat pertama nasional.

Tria menyebutkan, doa dan rajin latihan soal menjadi kunci suksesnya menembus peringkat nasional. “Tipsnya doa sebanyak-banyaknya dan doa saya dikabulkan oleh Allah SWT. Saya banyak latihan soal dan juga ikut bimbingan belajar,” tuturnya.

Pilihan Tria untuk melanjutkan pendidikan di IPB ternyata terinspirasi dari sang kakak. ”Kakak pertama saya juga Alumni IPB. Beliau alumni Teknik Informasi Diploma IPB. Saya dapat informasi IPB dari beliau,” tukasnya.(mrg) (rhs)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

SPEAK UP

Mahasiswa dan Suara Politik

Dalam urusan memilih pemimpin, apakah suara mahasiswa dalam pemilu juga penting dan ikut menentukan nasib bangsa di masa depan? Kirimkan pendapatmu melalui rubrik Suara Mahasiswa periode 29 Juni - 6 Juli 2014 dengan tema "Mahasiswa dan Suara Politik" ke alamat kampus.okezone@mncgroup.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA »