400 PKM Bertarung di Pimnas

Jum'at, 22 Juni 2012 10:35 wib | -

Image: corbis.com Image: corbis.com YOGYAKARTA – Persaingan di ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-25 akan ketat. Ajang tahunan ini akan digelar di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada 9-14 Juli 2012.

Event ini diikuti sekitar 400 program kreativitas mahasiswa (PKM). Ratusan tim tersebut telah lolos persyaratan di Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). "Tim PKM yang telah lolos Pimnas tersebut berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia dan telah diseleksi langsung oleh Dikti," ujar Wakil Rektor III UMY Sri Atmaja P Rosyidi sekaligus Penanggung Jawab Pimnas 2012.

Menurut Atmaja, keputusan tersebut telah ada dalam SK Nomor 43/DIKTI/Kep/2012. Sebanyak 400 tim PKM yang lolos terdiri dari 69 PKM-Kewirausahaan, 69 PKM-Karsa Cipta, 92 PKM-Pengabdian Masyarakat, 90 PKM-Penelitian, 70 PKM-Penerapan Teknologi dan 10 PKM-Gagasan tertulis. Dalam kesempatan yang sama, Ketua Pelaksana Pimnas ke-25 Husni Amriyanto menyampaikan, dengan 400 tim tersebut berarti ada sekira 2.000 mahasiswa yang akan hadir sebagai peserta dan sebagian besarnya berasal dari luar DIY.

Untuk memudahkan para peserta luar DIY, panitia akan membuka stan informasi Pimnas di beberapa titik antara lain Stasiun Kereta Api Tugu dan Lempuyangan, Terminal Bus Giwangan dan Jombor serta Bandara Adisutjipto. "Akan ditempatkan beberapa liaison officer (LO) yang bertugas menjemput peserta menuju penginapan yang sudah disediakan," imbuhnya.

Husni juga mengungkap, setibanya di Yogyakarta para peserta akan mengikuti serangkaian kegiatan yang dimulai pada 9 Juli dengan pawai karnaval di sepanjang jalan Malioboro sampai dengan Alun-Alun Utara, dilanjutkan dengan welcome dinner bersama Sultan Hamengku Buwono X di Pagelaran Keraton Yogyakarta.

"Kemudian esok harinya, yakni 10 Juli, peserta akan mengikuti acara pembukaan yang secara langsung di buka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI M Nuh di Sportorium Kampus Terpadu UMY," ungkapnya.

Dengan segala persiapan yang telah dilakukan, UMY sebagai tuan rumah berharap penyelenggaraan kegiatan Pimnas ke-25 ini dapat berlangsung dengan sukses sehingga mampu mewujudkan temanya yaitu "Mencetak Generasi Bangsa yang Memiliki Budaya Inovasi untuk Membangun Karakter Bangsa yang Mandiri."

Pada 2011, Pimnas digelar di Makassar. Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali mengukuhkan sebagai juara umum event tahunan ini. (ratih keswara/koran si) (//rfa)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

  • 27
    April
    Minggu, 27 April 2014
    Menggila di Hammersonic 2014
  • 02
    Mei
    Jum'at, 02 Mei 2014
    ITS Expo 2014

SPEAK UP

UN Perlu Pakai Ritual Nggak Sih?

Ujian nasional (UN) sudah di depan mata. Duh, harus rajin belajar nih. Sebelum menghadapi UN, perlu ritual khusus nggak sih buat kalian? Kirimkan pendapat kalian ke rubrik Suara Mahasiswa periode 8-16 Maret 2014 dengan tema "UN Perlu Pakai Ritual Nggak Sih?" ke alamat email kampus@okezone.com. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling kece pastinya.. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA ยป