Roadshow Kampus Okezone

Halte atau Pangkalan?

Kamis, 21 Juni 2012 13:04 wib | -

 Halte atau Pangkalan? Halte berubah fungsi jadi pangkalan ojek. (Foto: Dewi Ananda/UMB) JAKARTA - Akrom Aroisi berdiri sendiri menunggu angkutan umum di halte kampus Binus International. Di jalan Hanglekir I, Jakarta Selatan ini, Akrom tenang menengok kanan dan kirinya. Atap halte yang coak, tak maksimal melawan panasnya siang hari. 

Terlebih, halte yang mestinya menjadi tempat masyarakat menunggu angkutan kota ini telah cukup lama ditinggali Sutopo (46), yang sedari enam tahun lalu mencari nafkah sebagai pengendara ojek di halte tersebut. Akrom lantang menyayangkan pengalihfungsian fasilitas umum.

"Ini sangat tidak baik. Masyarakat kita sudah cukup terdidik. Mengapa tidak direalisasikan dengan perbuatan-perbuatan nyata?" ujar Akrom, Rabu (20/6/2012).

Baginya, masyarakat, khususnya di Ibu Kota bisa lebih tertib dan bertanggung jawab. Hal ini diamini oleh Mareta Margit (21). Mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Prof. Dr. Moestopo (beragama) atau UPDM(B) ini sepakat agar masyarakat mampu menuruti peratutan pemerintah. "Menunggu angkot ya di halte, saya lebih pilih itu," kata Mareta.

Namun, minimnya pengawasan dari pemerintah untuk menindak pengalihan fungsi halte sebagai sarana umum, hingga perbaikan fasilitas itu sendiri masih menjadi pertanyaan besar masyarakat. "Seolah saling menyalahkan. Pemerintah memang kurang tegas, tapi warga tetap saja semerawut. Mulai parkir liar, halte jadi pangkalan ojek," ujar Rusdi (46) di sela kegiatannya memarkir kendaraan di pinggir jalan juga.

Sutomo tak ambil pusing, karena menurutnya, yang menunggu angkutan umum di halte tempatnya mangkal tidak banyak. "Jarang orang nunggu di sini. Belum ada penertiban dari pemerintah. Enggak masalah kok," katanya sambil sembari menghisap rokok filter. Waduh!

Penulis: Dewi Ananda
Mahasiswa Universitas Mercu Buana (UMB)
Juara II Okezone Ngampus: Be The Real Okezone's Journalist (//rfa)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

SPEAK UP

Mahasiswa dan Suara Politik

Dalam urusan memilih pemimpin, apakah suara mahasiswa dalam pemilu juga penting dan ikut menentukan nasib bangsa di masa depan? Kirimkan pendapatmu melalui rubrik Suara Mahasiswa periode 29 Juni - 6 Juli 2014 dengan tema "Mahasiswa dan Suara Politik" ke alamat kampus.okezone@mncgroup.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA »