Jero Wacik: Saya Saksi, RI Bukan Negara Gagal

Kamis, 21 Juni 2012 18:24 wib | Pebrianto Eko Wicaksono - Okezone

Menteri ESDM Jero Wacik. (Foto: Okezone) Menteri ESDM Jero Wacik. (Foto: Okezone) JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik membantah pernyataan yang menyebutkan Indonesia negara gagal seperti terungkap dari hasil survei Failed State Index 2012.

"Dalam satu dua hari ini saya membaca di koran-koran tentang survei suatui NGO asing, yang mengatakan Indonesia negara gagal. Kriteria gagal itu banyak, kita sangat jauh dari situ," kata Jero di Kantornya, Jakarta, Kamis (21/6/12).

Jero menambahkan, survei tersebut tidak benar, Bahkan dia menjamin Indonesia adalah negara aman. Ditandai dengan banyaknya investor asing yang berdatangan.

"Negara kita negara baik tidak banyak negara yang tumbuh 6,5 persen. Seperti investor yang datang tadi, yang ingin menambah investasi, investor tersebut mengatakan Indonesia negara yang baik," jelas Jero.

Jero berpesan, masyarakat jangan terlalu terpengaruh dengan apa yang dikatakan survei tersebut. Menurutnya, Indonesia menuju ke arah yang lebih baik.

"Indonesia dalam penilaian dia tahun 2004, masuk negara gagal ke-47, Sekarang ke-65. Nah, ini tidak diterjemahkan Indonesia negara gagal. Jangan kena provokasi, jangan ikut berprovokasi. Jangan takut, negeri kita baik, saya jadi saksi. Banyak orang asing yang datang," tegas Jero.

Untuk informasi, pada tahun ini peringkat Indonesia turun dibandingkan dari tahun 2011 di mana Indonesia berada di peringkat 64 dengan skor 81. Dikutip dari situs fundforpeace.org, tahun ini Indonesia mendapat skor 80,6. Angka ini didapat dari perhitungan beberapa faktor, seperti ekonomi dan sosial.

Indeks ini dilakukan kepada 178 negara menggunakan 12 indikator tekanan sosial, ekonomi, dan politik pada negara. Selain itu, Fund for Peace juga menggunakan lebih dari 100 subindikator  termasuk isu-isu seperti pembangunan tidak merata, legitimasi negara, protes kelompok masyarakat, dan penegakan hak asasi manusia. (wdi)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

  • 24
    April
    Kamis, 24 April 2014
    Serunya Ikut PNJ Fair 2014
  • 26
    April
    Sabtu, 26 April 2014
    Korean Culture Day 2014 di UI
  • 27
    April
    Minggu, 27 April 2014
    Menggila di Hammersonic 2014

SPEAK UP

Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini

Dulu, Kartini memperjuangkan hak-hak perempuan agar bisa setara dengan laki-laki; dalam pendidikan dan banyak hal. Setelah kesetaraan gender tersebut tercapai, bagaimana kita bisa mengisi refleksi perjuangan Kartini?  Kirimkan opinimu melalui rubrik Suara Mahasiswa Periode 21-27 April 2014 dengan tema "Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini" melalui email ke alamat kampus@okezone.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA ยป