UI Mencari Rektor Baru

Selasa, 19 Juni 2012 09:48 wib | Marieska Harya Virdhani - Okezone

UI Mencari Rektor Baru Image: corbis.com DEPOK – Panitia khusus (pansus) pemilihan rektor mulai membuka pendaftaran bakal calon (balon) rektor Universitas Indonesia (UI) yang akan dimulai pada 20 hingga 30 Juni 2012. Pendaftaran dapat dilakukan melalui website www.pemilihanrektor.ui.ac.id.

Kantor sekretariat pansus pemilihan rektor juga sudah mulai dibuka di Perpustakaan UI mulai hari ini, Senin, 19/6/2012. Ketua Pansus Pemilihan Rektor UI Endriartono Sutarto berkata, UI menyambut baik dan membuka pendaftaran selebar–lebarnya bagi siapa saja Warga Negara Indonesia (WNI) yang memenuhi persyaratan.

"Kami sudah rumuskan tata tertib pemilihan rektor. Kami harapkan warga UI dan Majelis Wali Amanat (MWA) nantinya mendapatkan rektor yang betul–betul bisa menjadikan UI sebagai perguruan tinggi bergengsi, yang mampu menelurkan lulusan bermoral dan berintegritas, punya kemampuan berinovasi, melakukan hal–hal berguna bagi bangsa dan negara, agar jadi bangsa berkeadilan, dan berkesejahteraan," kata Endriartono di Perpustakaan UI, Depok, kemarin.

Mantan Panglima TNI itu menambah, tidak lama lagi, masa jabatan rektor UI, yang saat ini dijabat oleh Gumilar Rusliwa Somantri, akan berakhir pada 14 Agustus mendatang. Sementara pihaknya harus menyaring sebanyak–banyaknya para calon rektor dari warga negara seluas-luasnya.

"Tentu dengan syarat yang kami tetapkan. Karenanya, warga negara yang merasa cukup persyaratannya agar segera mendaftarkan diri. Waktunya tak panjang, hanya 10 hari. Saya berharap insan media membantu UI, agar WNI mau dan ikhlas mendaftarkan diri, agar terpilih rektor yang terbaik," tuturnya.

Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) UI Said Agil Siradj bertutur, pemilihan rektor akan dilakukan pada 7 Agustus 2012. Dia menganalogikan, persyaratan calon rektor UI bahkan lebih ketat ketimbang calon presiden.

"Kami Jadwalkan 7 Agustus hari H-nya final. Prosesnya kami buka lebar bagi siapa saja yang mau daftar. Balon diseleksi oleh SAU terpilih menjadi lima calon, dan lima calon itu kalau mencapai 51 persen suara, langsung lima itu ajukan presentasi di depan MWA. Kalau tak ada suara 51 persen, tiga dipilih terbanyak dari lima, lalu satu calon dari tiga. Syaratnya lebih ketat dari calon presiden," tuturnya.

Syarat umum menjadi calon rektor UI diantaranya harus memiliki integritas, kredibilitas, komitmen, kemampuan manajerial, wawasan, konsep manajamen, visi misi, jaringan nasional internasional, inovasi, dan kreativitas. Hingga kini, belum ada satu pun nama yang positif mendeklarasikn menjadi rektor. Sementara sesuai aturan, rektor UI boleh dipimpin hingga dua periode masa jabatan. (rfa)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

SPEAK UP

Mahasiswa dan Suara Politik

Dalam urusan memilih pemimpin, apakah suara mahasiswa dalam pemilu juga penting dan ikut menentukan nasib bangsa di masa depan? Kirimkan pendapatmu melalui rubrik Suara Mahasiswa periode 29 Juni - 6 Juli 2014 dengan tema "Mahasiswa dan Suara Politik" ke alamat kampus.okezone@mncgroup.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA »