Ujian Kuliah, Contekan Siswa Ini 10 Meter!

Jum'at, 15 Juni 2012 14:10 wib | Rifa Nadia Nurfuadah - Okezone

Image: Alamy Image: Alamy USAHA pencontek tidak selalu langgeng, bahkan pencontek ulung sekali pun.

Seorang siswa SMA di Kazakhstan kedapatan mengikat lembar contekan sepanjang 35 kaki (sekira 10,7 meter) mengelilingi dadanya. Lembar contekan itu memuat sekira 25 ribu kemungkinan jawaban untuk tiap topik soal ujian, termasuk sejarah Rusia dan Kazakhstan.

Pengawas ujian curiga ketika melihat siswa tersebut gelisah dan selalu membetulkan pakaian yang dikenakannya. "Jika dia berusaha belajar sama giatnya dengan usaha yang dikeluarkannya ketika membuat contekan, maka dia akan mengantarkan dirinya kepada kelulusan," kata perwakilan otoritas pendidikan setempat Bolatzhan Uskenbayev, seperti dilansir The Huffington Post, Jumat (15/6/2012).

Meski aksi si pencontek ini tidak dapat dibenarkan, beberapa blogger justru mengapresiasi dan mengagumi taktik menconteknya. "Saya juga ingin tahu, mengapa dia tidak belajar saja ketimbang membuat contekan sekeren itu? Saya juga berharap kampus dapat meluluskannya," tulis blogger Gizmodo. (rfa)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

  • 24
    April
    Kamis, 24 April 2014
    Serunya Ikut PNJ Fair 2014
  • 26
    April
    Sabtu, 26 April 2014
    Korean Culture Day 2014 di UI
  • 27
    April
    Minggu, 27 April 2014
    Menggila di Hammersonic 2014

SPEAK UP

Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini

Dulu, Kartini memperjuangkan hak-hak perempuan agar bisa setara dengan laki-laki; dalam pendidikan dan banyak hal. Setelah kesetaraan gender tersebut tercapai, bagaimana kita bisa mengisi refleksi perjuangan Kartini?  Kirimkan opinimu melalui rubrik Suara Mahasiswa Periode 21-27 April 2014 dengan tema "Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini" melalui email ke alamat kampus@okezone.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA ยป