Ribuan Pendaftar Tidak Ikut Ujian SNMPTN

Kamis, 14 Juni 2012 09:46 wib | -

Suasana Ujian Tulis SNMPTN (Foto: Septyantoro/Okezone) Suasana Ujian Tulis SNMPTN (Foto: Septyantoro/Okezone) MEDAN – Hasil ujian Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) akan diumumkan pada 7 Juli 2012. Ribuan pendaftar yang tidak hadir dalam ujian dipastikan tidak lulus.

Berdasarkan data Panitia Lokal SNMPTN Universitas Sumatera Utara (USU), jumlah peserta yang tidak hadir pada hari pertama mencapai 2.016 dari 35.591 orang yang terdaftar. Jumlah itu terdiri atas jurusan IPA 892 orang, IPS 584 orang, dan IPC 540 orang. Ketua Panitia Lokal SNMPTN USU Zulkifli Nasution memastikan peluang pendaftar yang tidak hadir tersebut untuk lulus sangat kecil. Sebab, bobot nilai yang didapat tentunya jauh berkurang.

"Peserta yang ikut saja belum pasti lulus, apalagi yang absen. Ya sudah pasti tidak lulus itu,” kata Zulkifli di Medan, kemarin.

Zulkifli mengaku, tidak mengetahui penyebab absennya ribuan pendaftar tersebut. Sebab, tidak ada pemberitahuan yang masuk ke Panitia Lokal SNMPTN. Jika ada, pihaknya bisa membantu menyelesaikan persoalannya. "Kalau ada alasannya, misalnya sakit, pasti panitia yang datang mengantarkan soalnya," ucapnya.

Pelaksanaan hari kedua SNMPTN, menurut Zulkifli yang mengunjungi beberapa lokasi ujian seperti SMAN 4 Medan dan Perguruan Santo Thomas, berjalan tertib dan lancar; tidak ditemukan ada kecurangan atau hambatan.

Sementara itu, Kepala Humas USU Bisru Hafi menambah, berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, ketidakhadiran siswa disebabkan sakit, berpindah lokasi ujian atau pemilihan program studi pilihan, urusan keluarga, atau dinyatakan lulus di jalur undangan. (suharmansyah/koran si) (//rfa)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

  • 26
    April
    Sabtu, 26 April 2014
    Korean Culture Day 2014 di UI
  • 27
    April
    Minggu, 27 April 2014
    Menggila di Hammersonic 2014
  • 02
    Mei
    Jum'at, 02 Mei 2014
    ITS Expo 2014

SPEAK UP

Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini

Dulu, Kartini memperjuangkan hak-hak perempuan agar bisa setara dengan laki-laki; dalam pendidikan dan banyak hal. Setelah kesetaraan gender tersebut tercapai, bagaimana kita bisa mengisi refleksi perjuangan Kartini?  Kirimkan opinimu melalui rubrik Suara Mahasiswa Periode 21-27 April 2014 dengan tema "Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini" melalui email ke alamat kampus@okezone.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA ยป