Jangan Percaya Joki & SMS Kunci Jawaban SNMPTN!

Selasa, 12 Juni 2012 07:56 wib | Rifa Nadia Nurfuadah - Okezone

Image: corbis.com Image: corbis.com JAKARTA - Spekulasi tentang tipe soal yang akan diujikan dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) mungkin akan dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang ingin mencari untung. Menjanjikan kepastian lulus SNMPTN, mereka pun akan berusaha menjual jasa menjadi joki atau menyebarkan kunci jawaban soal SNMPTN, meski belum terbukti kebenarannya.

Ketua SNMPTN 2012 Akhmaloka mengimbau, para peserta dan masyarakat sebaiknya tidak memercayai hal semacam itu. Akhmaloka sendiri merahasiakan berapa tipe soal yang akan diujikan untuk menghindari penyalahgunaan informasi tersebut.

"Jangan mau diiming-imingi kepastian untuk diterima masuk perguruan tinggi atau kunci jawaban soal SNMPTN dengan membayarkan sejumlah uang tertentu," kata Akhmaloka di Gedung Kemendikbud, Jakarta Selatan, kemarin.

Para peserta SNMPTN sendiri kebanyakan memersiapkan diri dengan berlatih soal-soal SNMPTN tahun-tahun sebelumnya dan mengikuti berbagai try out. Persiapan matang dibutuhkan mengingat mereka akan bersaing dengan ratusan ribu siswa dari seluruh Indonesia untuk memperebutkan kursi di 61 PTN. Dengan lebih dari 600 ribu peserta SNMPTN, panitia hanya menyediakan sekira 160 ribu kursi di kampus negeri se-Indonesia.

Sesuai jadwal, hari pertama ini, Selasa (12/6/2012), peserta SNMPTN akan mengerjakan soal Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Bidang Studi (TBS) yakni Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Sementara itu, pada hari kedua ujian besok, para peserta akan menghadapi tes sesuai bidang studi masing-masing, yakni IPA, IPS, maupun IPC. Tidak hanya itu, peserta yang memilih program-program studi tertentu masih harus mengikuti uji keterampilan pada 14 dan atau 15 Juni mendatang. (rfa)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

  • 24
    April
    Kamis, 24 April 2014
    Serunya Ikut PNJ Fair 2014
  • 26
    April
    Sabtu, 26 April 2014
    Korean Culture Day 2014 di UI
  • 27
    April
    Minggu, 27 April 2014
    Menggila di Hammersonic 2014

SPEAK UP

Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini

Dulu, Kartini memperjuangkan hak-hak perempuan agar bisa setara dengan laki-laki; dalam pendidikan dan banyak hal. Setelah kesetaraan gender tersebut tercapai, bagaimana kita bisa mengisi refleksi perjuangan Kartini?  Kirimkan opinimu melalui rubrik Suara Mahasiswa Periode 21-27 April 2014 dengan tema "Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini" melalui email ke alamat kampus@okezone.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA ยป