Semua Prodi ITS Sudah Terakreditasi

Selasa, 12 Juni 2012 15:04 wib | Margaret Puspitarini - Okezone

Ilustrasi : Corbis Ilustrasi : Corbis JAKARTA - Kualitas sebuah program studi (prodi) dalam lembaga pendidikan diukur melalui akreditasi. Sebagai sebuah lembaga pendidikan tinggi yang cukup diminati para pelajar, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya selalu berupaya mendapatkan akreditasi untuk tiap prodi baik secara nasional maupun internasional.

Namun, beberapa waktu lalu, tersiar kabar jika sejumlah program studi di ITS memiliki akreditasi yang kedaluwarsa. Kabar ini pun mendapat penjelasan dari Pembantu Rektor I bidang akademik dan kemahasiswaan Herman Sasongko.

Herman menyatakan, semua prodi di ITS telah mengajukan pembaharuan akreditasi sejak 16 Mei lalu. ''Masalahnya bukan karena program studi ITS tidak terakreditasi, tapi hanya belum diperpanjang,'' ungkap Herman, seperti dilansir dari ITS Online, Selasa (12/6/2012).

Dia menerangkan, hal itu dikarenakan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang tidak segera melakukan visitasi ke seluruh prodi di ITS. Mulai awal tahun, lanjutnya, bidang akademik ITS sebenarnya sudah melakukan monitoring akreditasi. ''Proses pengajuan dan perpanjangan akreditasi itu memang memakan waktu yang lama,'' tutur dosen Teknik Mesin ITS ini.

Secara keseluruhan, Herman menyatakan, semua prodi di ITS telah terakreditasi oleh BAN-PT. Sekalipun ada yang belum terakreditasi, hal tersebut hanya terjadi pada program studi baru yang memang belum memerlukan akreditasi. Bahkan, saat ini ITS menyandang predikat Akreditasi Amat Baik (A) dari BAN-PT.(mrg) (rhs)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

  • 27
    April
    Minggu, 27 April 2014
    Menggila di Hammersonic 2014
  • 02
    Mei
    Jum'at, 02 Mei 2014
    ITS Expo 2014

SPEAK UP

Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini

Dulu, Kartini memperjuangkan hak-hak perempuan agar bisa setara dengan laki-laki; dalam pendidikan dan banyak hal. Setelah kesetaraan gender tersebut tercapai, bagaimana kita bisa mengisi refleksi perjuangan Kartini?  Kirimkan opinimu melalui rubrik Suara Mahasiswa Periode 21-27 April 2014 dengan tema "Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini" melalui email ke alamat kampus@okezone.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA ยป