Ujian Apa Hari Ini?

Minggu, 10 Juni 2012 18:03 wib | Margaret Puspitarini - Okezone

Ilustrasi : ist. Ilustrasi : ist. DALAM waktu dekat, ratusan ribu alumni SMA dari berbagai penjuru Tanah Air akan mengikuti ujian tulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Selama dua hari, mereka akan mengikuti tiga buah tes.

Pada hari pertama, yakni Selasa, 13 Juni 2012, para peserta akan menghadapi dua ujian tiap sesi. Di jam pertama, peserta SNMPTN akan mengerjakan soal-soal dalam Tes Potensi Akademik (TPA).

TPA adalah sebuah tes untuk mengetahui bakat dan kemampuan seseorang di bidang keilmuan (akademik). Hasil TPA dapat menjadi ukuran kemampuan berkomunikasi dan bernalar calon mahasiswa. Tes yang diujikan sejak 2009 ini meliputi empat jenis soal, yaitu tes verbal atau bahasa, tes numerik atau angka, tes logika, dan tes spasial atau gambar.

Masih di hari pertama, setelah jeda istirahat, tes selanjutnya adalah tes bidang studi (TBS), yakni matematika dasar, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris.

Beranjak ke hari kedua, Rabu, 13 Juni 2012, para peserta akan menghadapi tes sesuai bidang studi masing-masing, yakni IPA, IPS, maupun IPC. Bagi kamu yang berasal dari jurusan IPA, ujian dilangsungkan pada sesi pertama. Sementara bagi jurusan IPS, ujian berlangsung mulai pukul 10.15 WIB. Namun, bagi kamu yang mengambil jurusan IPC, harus mengikuti dua sesi tersebut.

Beberapa program studi (prodi) membutuhkan uji keterampilan. Untuk uji keterampilan akan berlangsung pada 14 dan atau 15 Juni mendatang. Sementara pengumuman hasil SNMPTN jalur tulis 2012 tersebut dapat kamu akses pada 7 Juli 2012 sejak pukul 19.00 WIB.(mrg) (rhs)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

  • 24
    April
    Kamis, 24 April 2014
    Serunya Ikut PNJ Fair 2014
  • 26
    April
    Sabtu, 26 April 2014
    Korean Culture Day 2014 di UI
  • 27
    April
    Minggu, 27 April 2014
    Menggila di Hammersonic 2014

SPEAK UP

Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini

Dulu, Kartini memperjuangkan hak-hak perempuan agar bisa setara dengan laki-laki; dalam pendidikan dan banyak hal. Setelah kesetaraan gender tersebut tercapai, bagaimana kita bisa mengisi refleksi perjuangan Kartini?  Kirimkan opinimu melalui rubrik Suara Mahasiswa Periode 21-27 April 2014 dengan tema "Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini" melalui email ke alamat kampus@okezone.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA ยป