Hari Lingkungan Hidup, Undip Gelar Car Free Day

Jum'at, 08 Juni 2012 15:05 wib | Margaret Puspitarini - Okezone

Hari Lingkungan Hidup, Undip Gelar Car Free Day Image: corbis.com JAKARTA - Banyak cara yang dapat dilakukan untuk memeringati Hari lingkungan Hidup se-Dunia. Salah satunya seperti yang ditempuh Universitas Diponegoro (Undip), Semarang. Hari ini, Jumat ( 8/6/2012) segenap civitas academica Undip melaksanakan Car Free Day (CFD) di Lingkungan Kampus Undip Tembalang, Semarang.

Kepala UPT Humas Undip Agus Naryoso CFD digelar mulai pukul 06.00 hingga 09.00 WIB. "Pada jam-jam tersebut kendaraan bermotor, baik itu roda dua maupun empat dilarang memasuki area kampus terutama jalur protokol yang juga dibebaskan dari kendaraan bermotor," ujar Agus, seperti disitat dari laman Undip, Jumat (8/6/2012).

Agus menyebutkan, penyelenggaraan CFD tersebut tidak menganggu kegiatan belajar mengajar. Semua perkuliahan, lanjutnya, berjalan seperti biasa. "Mahasiswa atau dosen yang kuliah dapat melintasi jalur-jalur alternatif yang masih diperkenankan dilalui kendaraan bermotor di sepanjang  jalan yang melingkari kampus Undip," tambahnya.

Tidak hanya membebaskan jalanan protokol lingkungan Undip dari kendaraan bermotor, pada CFD kali ini juga terdapat pameran tentang desain perumahan tropis, lomba foto lingkungan, uji emisi oleh mahasiswa, dan program life paper yakni pengumpulan kertas bekas yang akan diganti dengan bibit tanaman. "Acara CFD ini dimeriahkan dengan bersepeda dan senam bersama antara pimpinan universitas dan segenap civitas academica Undip. Acara dimulai pukul 06.00 di Gedung Rektorat Undip Tembalang," tutur Agus.

Untuk mendukung kegiatan tersebut, Undip menyediakan sekira 800 sepeda yang bisa dipinjam di kantor rektorat maupun di tiap fakultas. "Dengan adanya kegiatan ini kami mengharapkan seluruh civitas academica Undip mampu memahami betapa pentingnya lingkungan bagi kita. Dengan lingkungan yang bersih dan terawat maka kita akan mampu meningkatkan kualitas hidup kita," tukasnya.

Menurut Agus, keterlibatan mahasiswa sebagai calon pemimpin bangsa pada acara seperti ini sangatlah perlu. Sebab dengan keterlibatan mereka, maka ketika menjadi pemimpin bangsa mereka juga akan memperhatikan lingkungan. (rfa)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

SPEAK UP

Kemerdekaan di Mata Anak Muda Indonesia

Tahun ini Republik Indonesia memasuki usia 69 tahun. Bagaimanakah anak muda memaknai dan mengisi kemerdekaan Tanah Air? Kirimkan pendapatmu melalui rubrik Suara Mahasiswa periode 15-22 Agustus 2014 dengan tema "Kemerdekaan di Mata Anak Muda Indonesia" ke alamat kampus.okezone@mncgroup.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA »