Jangan Percaya SMS Atas Nama Kampus

Sabtu, 02 Juni 2012 15:04 wib | Margaret Puspitarini - Okezone

Ilustrasi : Corbis Ilustrasi : Corbis JAKARTA - Penipuan mengatasnamakan kampus kembali terjadi. Kali ini, kasus tersebut menimpa sejumlah mahasiswa Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Penipuan lewat pesan singkat atau SMS serta lewat jejaring sosial ini memberitahukan adanya seminar yang dihelat pihak kampus.

Pihak Humas Unesa menegaskan agar para mahasiswa tidak percaya dengan undangan dari nomor telepon genggam tidak dikenal untuk mengikuti kegiatan seminar, presentasi, atau apa pun tanpa dari sumber resmi. Sebab, banyak mahasiswa Unesa yang melapor ke Humas Unesa atas penipuan SMS atau facebook. Padahal, SMS itu tidak pernah diberikan dari pihak kampus. Demikian seperti disitat dari laman Unesa, Sabtu (2/6/2012).

Modus penipuan ini berupa SMS yang mengatasnamakan pejabat Unesa atau Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti). Isi SMS tersebut menunjuk yang bersangkutan untuk mengikuti seminar di Bali dengan biaya dibayarkan lebih dahulu ke nomor rekening penipu dengan alasan, sesampai di lokasi, biaya akan diganti oleh panitia. Jika korban langsung menghubungi nomor HP penipu, dapat dipastikan korban akan termakan bujuk rayu. Ujung-ujungnya, korban tidak berdaya dan langsung mentransfer uang yang dimaksud. "Hati-hati, Unesa tidak pernah menyuruh mahasiswa seminar melalui SMS!" ujar Humas Unesa.

Jika ada SMS yang dimaksud, mahasiswa dapat segera meluncur ke kampus untuk mencari informasi yang benar ke sekretaris Pembantu Rektor (PR) III atau bagian kemahasiswaan. "Jangan menghubungi balik nomor pengirim SMS. Mahasiswa dapat menghubungi sekretaris PR III, Humas, dan bagian kemahasiswaan," imbuhnya.(mrg) (rhs)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

  • 26
    April
    Sabtu, 26 April 2014
    Korean Culture Day 2014 di UI
  • 27
    April
    Minggu, 27 April 2014
    Menggila di Hammersonic 2014
  • 02
    Mei
    Jum'at, 02 Mei 2014
    ITS Expo 2014

SPEAK UP

Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini

Dulu, Kartini memperjuangkan hak-hak perempuan agar bisa setara dengan laki-laki; dalam pendidikan dan banyak hal. Setelah kesetaraan gender tersebut tercapai, bagaimana kita bisa mengisi refleksi perjuangan Kartini?  Kirimkan opinimu melalui rubrik Suara Mahasiswa Periode 21-27 April 2014 dengan tema "Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini" melalui email ke alamat kampus@okezone.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA ยป