4.918 Bangku Sisa Jalur Undangan Dioper ke Jalur Tulis

Sabtu, 26 Mei 2012 15:11 wib | Margaret Puspitarini - Okezone

4.918 Bangku Sisa Jalur Undangan Dioper ke Jalur Tulis Image: corbis.com JAKARTA - Dari 58.329 kursi yang disediakan pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur undangan, masih tersisa 4.918 kursi. Menurut Sekretaris Umum (Sekum) Rochmat Wahab, kursi kosong pada jalur undangan tidak dapat dipaksakan untuk terisi semua dengan berbagai pertimbangan.

Rochmat menyebutkan, sejumlah kursi kosong ini terjadi dengan beberapa alasan. "Pertama, tidak semua PTN dapat peminat sesuai kuota dan kedua setiap PTN berhak menentukan passing grade tiap program studi (prodi)," kata Rochmat di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Senayan, Jakarta Selatan, Sabtu (26/5/2012).

Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ini mengungkapkan, upaya pengisian bangku kosong tersebut akan dilakukan lewat jalur tulis. "Setelah pengumuman jalur undangan, nanti rektor masing-masing PTN akan meng-update jumlah kuota prodi di PTN tersebut," ujarnya menambahkan.

Sementara itu Wakil Ketua Pokja SNMPTN 2012 Yonny Koesmaryono mengatakan, keberadaan kursi kosong wajar adanya. Sebab, kata dia, PTN tidak akan memaksakan diri menerima mahasiswa yang tidak sesuai dengan kriteria maupun passing grade yang ditentukan oleh masing-masing PTN.

"Penerimaan jalur undangan diserahkan kepada kebijakan masing-masing PTN. Di Institut Pertanian Bogor (IPB), kami memprioritaskan sekolah-sekolah yang memiliki track record yang baik," ujarnya menjelaskan.

Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan IPB itu menyebutkan, tahun ini IPB mengambil 68-70 prsen mahasiswa baru dari jalur undangan. Menurut Yonny, hal ini dilakukan karena mereka menganggap hasil rapor lebih mencerminkan hasil belajar dan kemampuan siswa.

"Di IPB, penerimaan jalur undangan melalui kriteria Peraks, yakni akreditasi sekolah, prestasi alumni, kriteria masing-masing prodi, dan rapor (rangking)," ujar Yonny menjelaskan.

Pengumuman hasil SNMPTN jalur undangan 2012 dapat diakses melalui laman www.snmptn.ac.id dan www.its.ac.id mulai pukul 17.00 WIB. Jika belum beruntung, jangan berkecil hati. Kamu dapat segera melakukan pendaftaran SNMPTN jalur tertulis hingga 31 Mei 2012. (rfa)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

SPEAK UP

Kemerdekaan di Mata Anak Muda Indonesia

Tahun ini Republik Indonesia memasuki usia 69 tahun. Bagaimanakah anak muda memaknai dan mengisi kemerdekaan Tanah Air? Kirimkan pendapatmu melalui rubrik Suara Mahasiswa periode 15-22 Agustus 2014 dengan tema "Kemerdekaan di Mata Anak Muda Indonesia" ke alamat kampus.okezone@mncgroup.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA ยป