Kelulusan UN SMA Capai 99%

Kamis, 24 Mei 2012 15:36 wib | Margaret Puspitarini - Okezone

Ilustrasi: pelajar SMA. (Foto: Iman H/okezone) Ilustrasi: pelajar SMA. (Foto: Iman H/okezone) JAKARTA - Pengumuman kelulusan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/SMK/MA dan sederajat sangat dinantikan oleh para pelajar kelas XII di Tanah Air.   Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memaparkan hasil UN secara keseluruhan sebelum hasilnya serentak diberikan sekolah masing-masing, 26 Mei mendatang.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M Nuh menyebutkan, tingkat kelulusan SMA/MA tahun ini meningkat dibandingkan tahun lalu. Jika tahun lalu tingkat kelulusan 99,22 persen, maka tahun ini menjadi 99,50 persen.

Peningkatan juga terjadi pada lulusan SMK. Tahun ini, dari 1.048.972 peserta UN SMK, 99,72 persennya dinyatakan lulus.

Dari 17.269 sekolah SMA/MA yang mengikuti UN 2012, sekira 15 ribu sekolah berhasil lulus 100 persen. Sementara terdapat empat sekolah dengan jumlah siswa 41 orang dinyatakan tidak lulus 100 persen.

"Keempat sekolah tersebut adalah SMA Swasta Dorema Medan, MA Swasta Al-Ma'Arif Bengkel, Sumatera Utara, MAS Al Jabbar Lainea, Sulawesi Tenggara, dan MA Nadhatul Wathan, Maluku Utara," kata M Nuh dalam acara Diskusi Kebijakan Dikbud Mendikbud dengan Redaktur Pendidikan Media Massa, di Kemendikbud, Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (24/5/2012).

M Nuh menegaskan, manfaat UN sangat besar sehingga perlu terus-menerus diadakan meski menuai berbagai kontroversi. "UN bukan termometer tapi multimeter. Tidak hanya melihat permukaan tetapi bisa merinci hal-hal paling detail dibandingkan Ujian Sekolah. Misalnya saja apa mata pelajaran yang lemah di suatu daerah dan apa yang menjadi kekuatan daerah tersebut," ujarnya menjelaskan. (rfa)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

  • 26
    April
    Sabtu, 26 April 2014
    Korean Culture Day 2014 di UI
  • 27
    April
    Minggu, 27 April 2014
    Menggila di Hammersonic 2014
  • 02
    Mei
    Jum'at, 02 Mei 2014
    ITS Expo 2014

SPEAK UP

Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini

Dulu, Kartini memperjuangkan hak-hak perempuan agar bisa setara dengan laki-laki; dalam pendidikan dan banyak hal. Setelah kesetaraan gender tersebut tercapai, bagaimana kita bisa mengisi refleksi perjuangan Kartini?  Kirimkan opinimu melalui rubrik Suara Mahasiswa Periode 21-27 April 2014 dengan tema "Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini" melalui email ke alamat kampus@okezone.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA ยป