Petugas Kebersihan Ini Lulus Kuliah Setelah 14 Tahun

Rabu, 16 Mei 2012 17:13 wib | Rifa Nadia Nurfuadah - Okezone

Gac Filipaj meraih gelar sarjana setelah 14 tahun bekerja sambil kuliah di Columbia University (Foto: BBC) Gac Filipaj meraih gelar sarjana setelah 14 tahun bekerja sambil kuliah di Columbia University (Foto: BBC) SEORANG petugas kebersihan di Columbia University meraih gelar sarjana setelah menghabiskan waktu 14 tahun bekerja sambil belajar.

Gac Filipaj (52) meraih gelarnya tersebut 20 tahun setelah dia meninggalkan Yugoslavia akibat perang saudara. Ketika tiba di New York pada 1992, Filipaj tidak bisa berbicara dalam bahasa Inggris sama sekali. Dia pun menghabiskan lima tahun pertama untuk mempelajari bahasa tersebut.
 
Tugasnya sebagai petugas kebersihan di kampus bergengsi yang termasuk Ivy League ini memberikannya kualifikasi untuk belajar gratis hingga meraih gelar sarjana. Filipaj bekerja sepuluh jam dalam sehari. Usai masa kerjanya yang panjang itu, dia pun membuka buku dan belajar. 

Filipaj menuturkan, keluarganya mengajarkan untuk tidak mencari kekayaan dan ketenaran, tetapi untuk hidup dalam kehidupan yang jujur dan terhormat. Dia mengenang, dahulu dia bertanya kepada orang-orang, "Sekolah mana yang terbaik di New York?", Filipaj pun pergi ke Columbia University untuk mendapatkan pekerjaan.

"Ini adalah momen paling membanggakan dalam hidup saya," kata Filipaj seperti dilansir News Sky, Rabu (16/5/2012).

Pimpinan universitas memberikan penghormatan atas kerja keras dan semangatnya. Mereka menyebut pencapaian Filipaj sebagai "salah satu cerita hebat". Salah seorang dosen Filipaj, Profesor Peter J Awn menyatakan, Filipaj tidak hanya belajar bersama para mahasiswa Columbia University, tetapi juga bersaing dengan mereka.

"Dia pribadi yang rendah hati dan penuh rasa terima kasih. Tetapi dia adalah individu yang menciptakan masa depannya sendiri. Filipaj adalah pria dengan harga diri, baik ketika dia menjalani pekerjaanya di kampus, maupun dalam kehidupan akademiknya," ujar Awn.

Hingga kini, Filipaj masih mengirimkan sebagian dari upah kerjanya yakni USD22 per jam kepada keluarganya di Montenegro. "Bagi saya, kekayaan ada di hati dan kepala, bukan kantong," ujarnya.

Filipaj pun bertekad meneruskan pendidikannya dan meraih gelar master. (rfa)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

  • 24
    April
    Kamis, 24 April 2014
    Serunya Ikut PNJ Fair 2014
  • 26
    April
    Sabtu, 26 April 2014
    Korean Culture Day 2014 di UI
  • 27
    April
    Minggu, 27 April 2014
    Menggila di Hammersonic 2014

SPEAK UP

Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini

Dulu, Kartini memperjuangkan hak-hak perempuan agar bisa setara dengan laki-laki; dalam pendidikan dan banyak hal. Setelah kesetaraan gender tersebut tercapai, bagaimana kita bisa mengisi refleksi perjuangan Kartini?  Kirimkan opinimu melalui rubrik Suara Mahasiswa Periode 21-27 April 2014 dengan tema "Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini" melalui email ke alamat kampus@okezone.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA ยป