Empat Prinsip Wirausaha Mahasiswa

Jum'at, 11 Mei 2012 12:06 wib | Prabowo - Okezone

Ketua Dewan Pakar Partai Nasdem Hary Tanoesoedibyo (Foto: dok. Okezone) Ketua Dewan Pakar Partai Nasdem Hary Tanoesoedibyo (Foto: dok. Okezone) YOGYAKARTA - Bekal untuk menjadi wirausaha tidaklah cukup hanya dengan modal nekat. Ada sedikitnya empat prinsip yang harus kita terapkan.

"Keempat prinsip tersebut adalah berfikir besar, fokus pada kualitas, speed (cepat), dan mampu mengambil momentum yang tepat," kata Ketua Dewan Pakar Partai Nasdem Hary Tanoesoedibyo saat menjadi dosen tamu dalam kuliah umum di Auditorium Fisip Universitas Atmajaya Yogyakarta, Jumat (11/4/2012).

Pemilik grup Media Nusantara Citra (MNC Group) itu juga mengajak mahasiswa untuk menjadi pengusaha. Menurutnya, banyak anak muda yang sukses dalam mengelola bisnis. Ironisnya, Hary mengimbuhkan, 92 persen masyarakat Indonesia masih berpendidikan SMA sederajat. Sedangkan sisanya, delapan persen dari kalangan mahasiswa.

"Kalian masuk dalam delapan persen itu, manfaatkan waktu dengan baik. Masa depan bangsa dan negara kita di tangan kalian, para mahasiswa yang menjadi tulang punggung perubahan," ujar Hary dalam kuliah umum bertema "Menciptakan Entrepreneur Membangun Indonesia" tersebut.

Meski demikian, Hary menyatakan, menjadi pengusaha ataupun pegawai kembali pada pilihan masing-masing individu. "Menjadi pegawai memang relatif stabil. Tetapi jika ingin menjadi entrepreneur, kalian harus siap dengan risiko, dan menjadikan kegagalan sebagai pelajaran dalam usaha," ujarnya. (rfa)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

  • 24
    April
    Kamis, 24 April 2014
    Serunya Ikut PNJ Fair 2014
  • 26
    April
    Sabtu, 26 April 2014
    Korean Culture Day 2014 di UI
  • 27
    April
    Minggu, 27 April 2014
    Menggila di Hammersonic 2014

SPEAK UP

Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini

Dulu, Kartini memperjuangkan hak-hak perempuan agar bisa setara dengan laki-laki; dalam pendidikan dan banyak hal. Setelah kesetaraan gender tersebut tercapai, bagaimana kita bisa mengisi refleksi perjuangan Kartini?  Kirimkan opinimu melalui rubrik Suara Mahasiswa Periode 21-27 April 2014 dengan tema "Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini" melalui email ke alamat kampus@okezone.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA ยป