Peringatan Hari Lupus Dunia Dihelat di ITB

Senin, 07 Mei 2012 15:05 wib | Iman Herdiana - Okezone

Peringatan Hari Lupus Dunia Dihelat di ITB Ilustrasi : ist. BANDUNG - Peringatan Hari Lupus Dunia (World Lupus Day/WLD) di Bandung dipusatkan di Institut Teknologi Bandung (ITB), Jalan Ganeca, akhir pekan lalu.

Peringatan itu digelar Syamsi Dhuha Foundation (SDF), organisasi nirlaba yang didirikan oleh orang dengan lupus (Odapus) Dian Syarif Pratomo yang bekerja sama dengan Sekolah Farmasi ITB.

SDF bergerak di bidang penyakit lupus. Lupus merupakan penyakit yang belum ada obatnya hingga kini. Penyakit lupus terjadi karena sistem imun (kekebalan tubuh)  menggerogoti sel tubuh sendiri.

Acara bertema "Never Give Up!" itu dibuka dengan senam ceria sekira pukul 06.30 WIB. Ada juga konsultasi lupus gratis, lupus talkshow, art performance Beautiful Indonesia.

Dian Syarif Pratomo juga meluncurkan buku berjudul {Catatan si Luppy} dan {Sunrise Serenade}. Acara puncaknya adalah penganugerahan Care for Lupus (CFL) SDF Award 2012. Iszur Muchtar didapuk sebagai pembawa acara yang dihadiri ratusan peserta termasuk para Odapus tersebut.

Ketua SDF Dian Syarief mengaku, meski penyakit lupus sangat mematikan, tetapi perjuangan untuk terus hidup harus dilakukan. Dia menyebutkan, selama kuartal pertama 2012 pihaknya telah kehilangan 8 Odapus, setengahnya adalah anak-anak dan remaja.

Salah satu upaya untuk meningkatkan daya tahan Odhapus, pada peringatan kali ini, kembali digelar research sponsorship CFL SDF Award 2012. "Kami berbesar hati ketika jumlah peserta research sponsorship CFL SDF Award 2012 meningkat dua kali lipat dibanding tahun lalu. Melalui penelitian tersebut diharapkan makin dapat meningkatkan kualitas hidup Odapus," kata Dian.

Sementara itu, pendiri SDF Eko Pratomo menambahkan, SDF ingin menggali potensi bahan alam Indonesia sebagai suplemen terapi Lupus. Selain itu, CFL SDF Award 2012 diharapkan bisa menjadi bagian usaha dunia untuk dapat menemukan terapi lupus yang aman dan efektif.

"Hal itu direalisasikan melalui program CFL SDF Award 2012 yang rencananya akan dilaksanakan tiap tahun sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas hidup Odapus," ungkapnya.

Dia menuturkan, pada CFL SDF Award tahun lalu muncul proposal penelitian tentang daun cocor bebek, daun songgolangit, propolis dan kunyit sebagai bahan terapi. Tahun ini, biji nangka, ketela rambat, dan daun belimbing wuluh.(mrg) (rhs)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

SPEAK UP

Kemerdekaan di Mata Anak Muda Indonesia

Tahun ini Republik Indonesia memasuki usia 69 tahun. Bagaimanakah anak muda memaknai dan mengisi kemerdekaan Tanah Air? Kirimkan pendapatmu melalui rubrik Suara Mahasiswa periode 15-22 Agustus 2014 dengan tema "Kemerdekaan di Mata Anak Muda Indonesia" ke alamat kampus.okezone@mncgroup.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA »