Tim Robot UII Rebut Juara II KRCI Regional III

Sabtu, 05 Mei 2012 12:55 wib | -

Tim Robot UII Rebut Juara II KRCI Regional III Image: corbis.com YOGYAKARTA – Lima mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) yang tergabung dalam Tim Admiral Unisi 09 berhasil membawa pulang gelar juara II Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) Regional III di Universitas Dian Nuswantoro, Semarang, akhir April lalu.

Fatakhurrazaq, Agung Dedi Pratama, Ahmad Martin Dagdo Subroto, dan Risma Arohcayana yang merupakan mahasiswa Teknik Mesin dan Novian Mahardika Putra, mahasiswa Teknik Informatika tersebut berkompetisi dengan delapan tim dari delapan perguruan tinggi negeri (PTN) dan swasta (PTS) yang berada di Jawa Tengah dan DIY.

Salah satu anggota tim, Ahmad Martin Dagdo mengutarakan, KRCI Regional III tersebut diikuti juga oleh Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Dian Nuswantoro (Udinus), Universitas Kristen Satya Wcana (UKSW), Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Politeknik Negeri Semarang, dan Universitas Negeri Semarang (Unnes). Kedelapan tim ini dibagi ke dalam dua grup. Tim UII berada di Grup A bersama Tim Alfarobi (UGM), Al_Aadiyat (UNY), dan Accretia (Udinus). Sementara Grup B terdiri atas R2C-R7 (UKSW), Futbolista_Rdc (UAD), Poli_Revo H.1 (Politeknik Negeri Semarang), dan Robo Green (Unnes).

Menurut Martin, pertandingan dilakukan dengan sistem setengah kompetisi untuk masing-masing grup. Dari hasil pertandingan, Tim Alfarobi dan tim R2C-R7 keluar sebagai juara grup A dan B, sedangkan tim Admiral Unisi 09 dan tim Poli_Revo H.1 (Polines) keluar sebagai runner up Grup A dan Grup B. Sehingga keempat tim berhak maju ke babak semifinal.

"Dalam semifinal kami berhadapan dengan R2C-R7 dan berhasil menjadi pemenang sehingga berhak maju ke babak final dan berhadapan dengan tim UGM yang mengalahkan Tim Polines," ungkapnya.

Martin menambahkan, dalam final ini terjadi pertarungan yang sangat sengit. Sampai akhir pertandingan kedua tim sama kuat sehingga untuk menentukan pemenang harus melalui babak pinalti. "Sayang dalam final ini kami kalah satu angka sehingga gagal menjadi juara dan harus puas sebagai runner up," imbuhnya.

Dosen pembimbing tim robot UII dari Fakultas Teknik Industri (FTI) UII Tri Setia Putra menjelaskan, KRCI Regional III 2012 ini merupakan ajang seleksi tim robot untuk kompetisi yang sama di tingkat nasional maupun internasional. Di tingkat nasional, KRCI direncanakan akan dilangsungkan di kampus Institut Teknologi Bandung (ITB). Keberhasilan tim UII menjadi juara II ini pun menjadi tiket mereka maju ke KRCI tingkat nasional. (priyo setyawan/koran si)  (//rfa)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

SPEAK UP

Mahasiswa dan Suara Politik

Dalam urusan memilih pemimpin, apakah suara mahasiswa dalam pemilu juga penting dan ikut menentukan nasib bangsa di masa depan? Kirimkan pendapatmu melalui rubrik Suara Mahasiswa periode 29 Juni - 6 Juli 2014 dengan tema "Mahasiswa dan Suara Politik" ke alamat kampus.okezone@mncgroup.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA »