Selesai UN, Lalu Apa?

Kamis, 19 April 2012 14:54 wib | Rifa Nadia Nurfuadah - Okezone

Image: corbis.com Image: corbis.com HARI ini adalah hari terakhir para siswa sekolah menengah atas (SMA) mengikuti ujian nasional (UN). Sebagian besar siswa mungkin akan terlibat dalam 'tradisi' corat coret baju seragam sebagai luapan kegembiraan mengakhiri masa sekolah. Sebagian lainnya mungkin memilih cara yang lebih kreatif dan bermanfaat seperti menyumbangkan baju seragam untuk orang-orang yang membutuhkan, dan menggelar bakti sosial.

Di luar seremoni dalam rangka berbagi kebahagiaan tersebut, sudahkah kamu memiliki rencana tentang apa yang akan kamu lakukan usai UN ini?

Kuliah

Sebagai langkah awal, kamu harus menentukan jurusan dan kampus yang ingin kamu masuki. Kemudian, persiapkan dirimu untuk menghadapi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau ujian saringan masuk lainnya.

Kamu bisa mengikuti bimbingan belajar (bimbel) intensif persiapan SNMPTN di berbagai lembaga bimbel. Atau, kamu juga bisa belajar sendiri di rumah dengan rajin berlatih mengerjakan soal-soal SNMPTN tahun sebelumnya. 

Bekerja

Di antara kamu mungkin ada yang memilih bekerja selepas SMA. Biasanya, lulusan SMK akan lebih unggul dari lulusan SMA, karena telah memiliki bekal keahlian tertentu. Karena itu, pastikan kamu bekerja sesuai keahlian yang kamu miliki.

Kursus

Jika kamu belum memiliki rencana selepas masa SMA, kamu bisa mengisi waktu dengan mengikuti berbagai kursus yang dapat meningkatkan keahlianmu. Kamu bisa memilih keahlian komputer, tata boga, tata busana, elektronik, mekanik, automotif, dan sebagainya.

Nah, apa rencanamu usai UN? Tuliskan di kolom komentar, ya. (rfa)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

  • 26
    April
    Sabtu, 26 April 2014
    Korean Culture Day 2014 di UI
  • 27
    April
    Minggu, 27 April 2014
    Menggila di Hammersonic 2014
  • 02
    Mei
    Jum'at, 02 Mei 2014
    ITS Expo 2014

SPEAK UP

Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini

Dulu, Kartini memperjuangkan hak-hak perempuan agar bisa setara dengan laki-laki; dalam pendidikan dan banyak hal. Setelah kesetaraan gender tersebut tercapai, bagaimana kita bisa mengisi refleksi perjuangan Kartini?  Kirimkan opinimu melalui rubrik Suara Mahasiswa Periode 21-27 April 2014 dengan tema "Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini" melalui email ke alamat kampus@okezone.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA ยป