Mahasiswa UR Tak Lagi Meneliti di Bawah Pohon Sawit

Rabu, 18 April 2012 11:21 wib | Banda Haruddin Tanjung - Okezone

Mahasiswa UR Tak Lagi Meneliti di Bawah Pohon Sawit Ilustrasi: ist. PEKANBARU - Setelah bertahun-tahun hanya belajar agribisnis di bawah pohon kelapa sawit, Fakultas Pertanian jurusan Agribisnis Universitas Riau (UR) akhirnya memiliki pusat penelitian dan pelatihan.

Kepala Inkubator Fakultas Pertanian UR Syaiful Hadi menyatakan, selama ini para mahasiswa memang belum memiliki tempat penelitian untuk pengembangan ilmu agribisnis. Kini, mereka bebas meneliti di pusat penelitian dan pelatihan yang dibangun bekerja sama dengan PT RAPP ini. 

"Selama empat tahun belakangan ini mahasiswa belajar di bawah pohan sawit saja. Repotnya, jika hujan, mahasiswa berlarian untuk berteduh. Sekarang tidak lagi," kata Syaiful, kemarin.
 
Gedung baru yang dimiliki Fakutas Ekonomi ini berdiri di atas lahan seluas 400 m2. Peresmiannya dihadiri oleh Gubernur Riau Rusli Zainal. Fakultas Pertanian UR sendiri saat ini sedang memfokuskan pengembangan tanaman untuk bibit unggul seperti topas.

"Kemudian kami juga menanam buah naga dan lainnya. Kami tengah mengembangkan agar tanaman yang kami hasilkan berkualitas dan legal," imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Utaman PT RAPP Kusnan Ramin mengatakan, pembangunan pusat penelitian, pengembangan, dan pelatihan agribisnis ini merupakan bentuk komitmen perusahaan yaitu untuk turut serta mengembangkan dan memberdayakan kapasitas sumber daya manusia terutama masyarakat Riau.

"Kami berharap dengan adanya fasilitas ini akan terjadi sharing knowledge atau berbagi keahlian guna pengembangan industri agribisnis secara umum dan industri kehutanan (pulp dan kertas) di masa datang, sehingga Indonesia dapat terus menjadi pemain global yang diperhitungkan," kata Kusnan. (rfa)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

SPEAK UP

Mahasiswa dan Suara Politik

Dalam urusan memilih pemimpin, apakah suara mahasiswa dalam pemilu juga penting dan ikut menentukan nasib bangsa di masa depan? Kirimkan pendapatmu melalui rubrik Suara Mahasiswa periode 29 Juni - 6 Juli 2014 dengan tema "Mahasiswa dan Suara Politik" ke alamat kampus.okezone@mncgroup.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA »