2013, UMI Programkan KKN Luar Negeri

Kamis, 05 April 2012 10:06 wib | -

Ilustrasi: ist. Ilustrasi: ist. MAKASSAR - Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar akan memprogramkan Kuliah Kerja Nyata (KKN) bagi mahasiswanya, tidak hanya di daerah terpencil di dalam negeri, tapi juga akan ditempatkan di luar negeri.

"Ke depan, mahasiswa UMI yang akan melaksanakan KKN, lokasinya bukan lagi di dalam negeri, tetapi sudah di luar negeri, yaitu di wilayah Timur Tengah," ungkap Rektor UMI Makassar Prof Dr Masrurah Mokhtar saat melepas peserta KKN UMI angkatan 49 di Masjid Kampus II UMI Jl.Urip Sumoharjo Makassar, kemarin.

Dia mengatakan, rencana KKN UMI di luar negeri saat ini sementara dalam tahap penggodokan di internal UMI. Saat ini, pihaknya tengah melakukan penjajakan di beberapa negara di Timur Tengah.

Pihaknya menjadwalkan KKN luar negeri ini akan terselenggara mulai tahun ajaran 2013/2014. Diketahui, peserta yang ikut KKN UMI angkatan 49 sebanyak 300 orang, disebar di empat kabupaten yaitu, Kabupaten Gowa, Sinjai, Maros dan Pangkep. Para peserta KKN ini didampingi 10 dosen pembimbing atau supervisi.

"Selama berada di desa, mahasiswa UMI harus menjaga citra UMI dan memperlihatkan tingkah laku dan akhlak yang baik, selama beradaptasi dengan masyarakat," katanya.

Mantan guru besar Fakultas Sastra UMI ini meminta, selama berada di lokasi KKN, mahasiswa jangan datang menggurui masyarakat, tetapi harus banyak belajar dan membantu masyarakat. "Jangan datang ke desa KKN, justru menjadi beban masyarakat," ujarnya.

Dia menegaskan, mahasiswa UMI harus bisa mencari dan menemukan solusi dari permasalahan yang dihadapi masyarakat, sehingga kehadiran mahasiswa UMI dapat menjadi rahmat bagi masyarakat. (herni amir/koran si) (//rfa)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

  • 27
    April
    Minggu, 27 April 2014
    Menggila di Hammersonic 2014
  • 02
    Mei
    Jum'at, 02 Mei 2014
    ITS Expo 2014

SPEAK UP

UN Perlu Pakai Ritual Nggak Sih?

Ujian nasional (UN) sudah di depan mata. Duh, harus rajin belajar nih. Sebelum menghadapi UN, perlu ritual khusus nggak sih buat kalian? Kirimkan pendapat kalian ke rubrik Suara Mahasiswa periode 8-16 Maret 2014 dengan tema "UN Perlu Pakai Ritual Nggak Sih?" ke alamat email kampus@okezone.com. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling kece pastinya.. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA ยป