Singapura Dirikan Pusat Media Pertama di Asia

Rabu, 28 Maret 2012 17:32 wib | Hanna Meinita - Okezone

Ilustrasi : Corbis Ilustrasi : Corbis SINGAPURA - Mahasiswa Jurnalistik di Singapura akan memiliki pusat media mulai September 2012. Nantinya, di pusat ini mahasiswa belajar mengemas berita untuk smartphone dan komputer tablet.
Pusat media ini disebut sebagai Newsplex Asia. Tempat ini diklaim sebagai pusat media satu-satunya di wilayah Asia dan yang keempat di dunia dengan tujuan meneliti dan menguji teknik dan teknologi media baru. Selain itu, berguna untuk membekali calon wartawan dengan keterampilan jurnalistik yang dibutuhkan, sambil mengintegrasikan media cetak, televisi, dan radio.
 
Hal ini diumumkan saat penandatanganan Nota Kesepahaman antara NTU dan Asosiasi Surat Kabar dan Penerbit Dunia (Wan-Ifra).
 
“Konsumen berita berubah. Mereka tidak hanya ingin memilih bagaimana dan kapan mereka mengakses berita dan informasi, tapi konsumen juga ingin memutuskan apa saja yang relevan dengan dunia mereka,” jelas Wakil Kepala Eksekutif Wan-Ifra Thomas Jacob, seperti dikutip dari My Paper, Rabu (28/3/2012).
 
Newsplex Asia akan berlokasi di Wee Kim Wee School of Communication NTU (WKWSCI) dengan luas 160 meter persegi. Fasilitas ini membutuhkan biaya lebih dari 500 ribu dolar Singapura atau setara dengan Rp3,6 miliar (Rp7.314 per dolar Singapura). Rencananya, pembangunan Newsplex akan dimulai pada Mei 2012.
Berdasarkan perjanjian tersebut, NTU akan menyediakan sumber daya dan ruang untuk pusat media, sementara Wan-Ifra memberikan akses data kepada profesor dan peneliti di NTU, seperti laporan penelitian dan jaringan global dari publikasi.
 
Selain untuk mahasiswa, pusat media juga diperuntukkan bagi wartawan profesional. Mereka akan mendapatkan pelatihan dan kelas WKWSCI selama kegiatan belajar di universitas sedang libur.
 
Sementara itu, salah satu pengajar yang merupakan Ketua WKWSCI Benjamin Detenber menyatakan, pusat ini akan membekali mahasiswa untuk menghadapi masa depan. “Tantangan yang kita hadapi adalah bagaimana mempersiapkan mereka (mahasiswa) untuk pekerjaan yang belum ada. Newsplex, dengan peralatan terpadu dan kapasitas operasional, akan membantu untuk melakukan itu,” tuturnya.(mrg)
(rhs)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

  • 26
    April
    Sabtu, 26 April 2014
    Korean Culture Day 2014 di UI
  • 27
    April
    Minggu, 27 April 2014
    Menggila di Hammersonic 2014
  • 02
    Mei
    Jum'at, 02 Mei 2014
    ITS Expo 2014

SPEAK UP

Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini

Dulu, Kartini memperjuangkan hak-hak perempuan agar bisa setara dengan laki-laki; dalam pendidikan dan banyak hal. Setelah kesetaraan gender tersebut tercapai, bagaimana kita bisa mengisi refleksi perjuangan Kartini?  Kirimkan opinimu melalui rubrik Suara Mahasiswa Periode 21-27 April 2014 dengan tema "Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini" melalui email ke alamat kampus@okezone.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA ยป