SNMPTN Ujian Tulis Dihapus, ITB Pilih Langkah Ini

Kamis, 15 Maret 2012 11:35 wib | Margaret Puspitarini - Okezone

Ilustrasi: ist. Ilustrasi: ist. JAKARTA - Ketua Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 Akhmaloka menyebut, setidaknya ada dua kemungkinan solusi jika SNMPTN Jalur Ujian Tulis jadi dihapus.

Pertama, masing-masing PTN dipersilakan menyelenggarakan ujian mandiri masing-masing.

"Sementara kemungkinan kedua adalah seluruh Indonesia bersepakat melaksanakan ujian tulis secara bersama-sama," kata Akhmaloka di Gedung Ditjen Dikti Kemendikbud, Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (15/3/2012).

Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) ini menambahkan, pada kemungkinan kedua, ujian tertulisnya nanti akan melibatkan konsorsium perguruan-perguruan tinggi. Pelaksanaannya pun tidak lagi di masing-masing kampus, tetapi secara bersama-sama melalui Majelis Rektor Perguruan Tinggi Indonesia.

"Jadi, ini jalur mandiri tapi secara nasional. Di luar pemerintah melalui Majelis Rektor Perguruan Tinggi Indonesia. Kemungkinan besar ITB akan mengambil pilihan ini," ujarnya. (rfa)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

  • 24
    April
    Kamis, 24 April 2014
    Serunya Ikut PNJ Fair 2014
  • 26
    April
    Sabtu, 26 April 2014
    Korean Culture Day 2014 di UI
  • 27
    April
    Minggu, 27 April 2014
    Menggila di Hammersonic 2014

SPEAK UP

Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini

Dulu, Kartini memperjuangkan hak-hak perempuan agar bisa setara dengan laki-laki; dalam pendidikan dan banyak hal. Setelah kesetaraan gender tersebut tercapai, bagaimana kita bisa mengisi refleksi perjuangan Kartini?  Kirimkan opinimu melalui rubrik Suara Mahasiswa Periode 21-27 April 2014 dengan tema "Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini" melalui email ke alamat kampus@okezone.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA ยป