Mendikbud: RI Harus Jadi Pusat Studi Asean

Kamis, 02 Februari 2012 13:42 wib | Susi Fatimah - Okezone

Mendikbud: RI Harus Jadi Pusat Studi Asean Image: corbis.com JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh berharap Indonesia menjadi pusat kajian tentang Asia Tenggara setelah diadakanya konferensi internasional pada 9-10 Februari mendatang di Bali.

"Kita mendorong Indonesian studies, kita ingin nantinya Indonesia menjadi pusat kajian-kajian tentang Indonesia sendiri dan kawasan ASEAN," ujar Nuh di Kantor Presiden, Kamis (2/2/2012).

Bila hal itu terjadi, sambung Nuh, ke depan pelajar dan peneliti Indonesia tidak perlu mencari data ke luar negeri.

"Selama ini kalau belajar tentang ASEAN itu ke luar negeri, maka ke depan UI dan perguruan tinggi yang lain harus mengambil peran. Kalau pusat-pusat studi  tentang Indonesia, ya di Indonesia," paparnya.

Oleh karena itu, lanjut Nuh, pihaknya akan memberikan dukungan penuh kepada pusat-pusat studi yang ada di Indonesia untuk membangun kerjasama dengan pusat studi yang ada di berbagai negara. "Tapi sentralnya harus ada di Indonesia," katanya.

"Kegiatan konferensi di Bali sebagai salah satu road map mile tools untuk membangun Indonesia sebagai pusat studi Indonesia dan juga kawasan Asia," tutupnya. (rfa)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

SPEAK UP

Kemerdekaan di Mata Anak Muda Indonesia

Tahun ini Republik Indonesia memasuki usia 69 tahun. Bagaimanakah anak muda memaknai dan mengisi kemerdekaan Tanah Air? Kirimkan pendapatmu melalui rubrik Suara Mahasiswa periode 15-22 Agustus 2014 dengan tema "Kemerdekaan di Mata Anak Muda Indonesia" ke alamat kampus.okezone@mncgroup.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA »