Tes Logika Memicu Pemberontakan Mahasiswa

Kamis, 27 Oktober 2011 09:03 wib | Hanna Meinita - Okezone

Foto : Smith College/Ist. Foto : Smith College/Ist. NORTHAMPTON – Keributan terjadi di Smith College setelah muncul rumor kampus ini akan menjadi kampus vegetarian (vegetarian adalah pola makan yang hanya mengonsumsi makanan berbasis tumbuhan, wikipedia).  
Selain itu, kampus swasta bergengsi yang berlokasi di Massachusetts ini semakin panas karena kabarnya Smith College hanya akan membeli makanan mentah dari petani lokal.
 
Pekan lalu, muncul pihak yang pro dan kontra atas rumor yang melanda kampus khusus wanita di Northampton ini. Spanduk dari pihak pendukung dan penentang bermunculan di lorong kampus. Demikian seperti dikutip dari AP, Kamis (27/10/2011).
 
Ternyata hal ini merupakan tipuan yang dihembuskan dua profesor kampus, Jay Garfield dan Jim Henle. Rumor ini merupakan pengantar dalam kelas logika. Mereka ingin mengajarkan retorika dan argumentasi dengan cara tidak ortodoks. Garfield dan Henle menghidupkan rumor ini dengan mengumpulkan 100 mahasiswanya untuk meyakinkan pihak kampus bahwa hal ini adalah nyata.
 
Ini bermula saat terdapat pernyataan di Twitter yang menarik perhatian VegNews, yaitu "Majalah gaya hidup penganut vegetarian di Amerika”. Kemudian pada pertemuan mahasiswa, manajer layanan ruang makan diserang oleh para mahasiswa. Mereka menyerang pihak kampus dan memberontak. Padahal sesungguhnya tidak ada kebijakan yang melarang daging di bekas kampus Nancy Reagan dan Barbara Bush tersebut.
 
Duo ini biasa menghembuskan rumor palsu setiap tahun dalam 10 tahun terakhir. Pascarumor ini, Rektor Smith College, Carol Christ dikabarkan memecat Garfield dan Henle. Namun belakangan diketahui, hal ini hanya rumor belaka.
(rhs)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

  • 26
    April
    Sabtu, 26 April 2014
    Korean Culture Day 2014 di UI
  • 27
    April
    Minggu, 27 April 2014
    Menggila di Hammersonic 2014
  • 02
    Mei
    Jum'at, 02 Mei 2014
    ITS Expo 2014

SPEAK UP

Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini

Dulu, Kartini memperjuangkan hak-hak perempuan agar bisa setara dengan laki-laki; dalam pendidikan dan banyak hal. Setelah kesetaraan gender tersebut tercapai, bagaimana kita bisa mengisi refleksi perjuangan Kartini?  Kirimkan opinimu melalui rubrik Suara Mahasiswa Periode 21-27 April 2014 dengan tema "Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini" melalui email ke alamat kampus@okezone.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA ยป