Mengenal Tes Ujian Masuk Universitas Oxford

Rabu, 12 Oktober 2011 08:15 wib | Hanna Meinita - Okezone

Foto : Oxford University/Ist. Foto : Oxford University/Ist. INGGRIS – Pernahkah terpikir mengapa singa memiliki surai atau mengapa buah stroberi berwarna merah? Jika kamu ingin kuliah di kampus elite Inggris, Universitas Oxford, maka kamu juga harus memikirkan jawaban ketika wawancara.  
Ini merupakan beberapa pertanyaan yang pernah diajukan dalam tes wawancara ujian masuk Universitas Oxford. Hal ini terungkap setelah Oxford merilis beberapa pertanyaan yang diajukan kepada calon mahasiswanya.
 
Dalam situsnya, Oxford juga merilis pertanyaan yang diajukan untuk pelamar jurusan ilmu biologi. Salah satunya, mereka akan ditanya seberapa penting kepunahan harimau. Sementara calon mahasiswa hukum diminta menilai kebenaran dari UU yang mengancam hukuman mati untuk parkir ilegal. Untuk calon mahasiswa ilmu material akan diminta menghitung suhu yang dibutuhkan sebuah balon udara untuk mengangkat seekor gajah. Demikian seperti dikutip dari BBC, Rabu (12/10/2011).
 
Menurut para tutor dari Oxford, pertanyaan nyeleneh tersebut tidak ingin mencari jawaban benar atau salah. Mereka mengajukan pertanyaan hanya untuk mengetahui potensi akademik calon mahasiswa dalam menerapkan pemikiran dengan cara yang baru dan menarik.
 
Tutor dari St Edmund Hall, Steve Roberts mengatakan, saat mengajukan pertanyaan ini dalam wawancara, dia tidak mendapatkan jawaban dengan dengan nilai C dalam waktu 10 menit.
 
“Kami menggunakan pertanyaan semacam ini untuk mengetahui bagaimana pelamar berpikir mengenai suatu masalah dan mengoperasionalkannya dalam kegiatan belajar,” jelas Roberts.
 
Dalam proses penerimaan mahasiswa, Oxford memang melakukan serangkaian tes. Tes tersebut adalah nilai tes A-level, referensi dari pengajar, tes bakat, dan wawancara.
 
Direktur Penerimaan Mahasiswa Sarjana Oxford, Mike Nicholson menyatakan, meski wawancara hanya satu dari proses penerimaan, tetap saja para pelamar merasa cemas. Menurut Nicholson, tes wawancara merupakan kesempatan untuk calon mahasiswa menunjukkan kemampuan dan potensi mereka.
 
“Kami ingin mereka menunjukkan pengetahuan khusus, bagaimana mereka menanggapi ide baru. Mungkin ini terdengar menakutkan. Kami hanya ingin para pelamar mendorong diri untuk menggunakan dan menerapkan pengetahuan untuk mengatasi masalah baru dalam cara yang menantang mereka. Di sisi lain, ini akan memungkinkan mereka untuk bersinar,” pungkasnya.
 
Selama ini, banyak mitos mengenai tes wawancara dalam ujian masuk Oxford. Namun kini, universitas tersebut menjelaskannya secara langsung. Melalui situs universitas, tes wawancara ditunjukkan melalui fitur wawancara tiruan, dan contoh pertanyaan untuk membantu para pelamar.
 
Foto: Universitas Oxford/BBC
(rhs)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

  • 26
    April
    Sabtu, 26 April 2014
    Korean Culture Day 2014 di UI
  • 27
    April
    Minggu, 27 April 2014
    Menggila di Hammersonic 2014
  • 02
    Mei
    Jum'at, 02 Mei 2014
    ITS Expo 2014

SPEAK UP

Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini

Dulu, Kartini memperjuangkan hak-hak perempuan agar bisa setara dengan laki-laki; dalam pendidikan dan banyak hal. Setelah kesetaraan gender tersebut tercapai, bagaimana kita bisa mengisi refleksi perjuangan Kartini?  Kirimkan opinimu melalui rubrik Suara Mahasiswa Periode 21-27 April 2014 dengan tema "Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini" melalui email ke alamat kampus@okezone.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA ยป