Grup Kampus Se-Dunia II

Ini Dia 8 Kampus Ivy League

Jum'at, 30 September 2011 14:00 wib | Riani Dwi Lestari - Okezone

Ini Dia 8 Kampus Ivy League foto: delapan anggota ivy league JAKARTA - Kamu bercita-cita ingin masuk universitas internasional terbaik? Bagi kamu yang punya cita-cita seperti itu, pastinya kamu akan memperhitungkan kampus-kampus yang tergabung dalam Ivy League di Amerika.

Ivy League merupakan asosiasi delapan universitas di pantai timur Amerika, grup universitas swasta tersebut terkenal dengan kesempuranaan dan keelitan akademisnya. Karena dikenal seperti itu, maka kedelapan anggota grup tersebut sangat selektif dalam penerimaan mahasiswanya.

Penasaran kampus mana saja yang tergabung dalam Ivy League? Berikut daftarnya, yang dikutip okezone, Jumat (30/9/2011):

1. Brown University
Kampus Brown terletak di Providence, Rhode Island. Terkenal dengan nama tim atletiknya yang disebut The Bears. dengan jumlah penerimaan mahasiswa 6.316 orang, kampus dengan motto In Deo Speramus (Pada Tuhan Kami Berharap) tesebut tekenal juga dikenal dengan liberal arts-nya.

2. Columbia University
Columbia terletak di New YOrk City, New York. Kampus dengan motto In lumine Tuo videbimus lumen (Pada cahaya kita bisa melihat cahaya) tahun ini menerima sedikitnya 7.160 mahasiswa baru, kampus yang dikenal dengan performing arts-nya tersebut memiliki tim atletik yang popular dengan sebutan The Lions.

3. Cornell University
Cornell merupakan satu-satunya dari Ivy Leageu yang memiliki sistem setengah universitas swasta. Selain itu, Cornell juga merupakan satu-satunya universitas dari Ivy League yang berdiri setelah era kolonial Amerika. Dengan motto I would found an institution where any person can find instruction in any study, Cornell berhasil menjaring 13.931 mahasiswa baru tahun ini. Kampus yang terketak di Ithaca, New York itu memiliki tim atletik ternama, yakni The Big Red.

4. Dartmouth College
Kampus dengan motto Vox clamantis in deserto (Suara sebuah tangisan pada keliaran) tersebut terletak di Hanover, New Hampshire, dengan tim atletik The Big Green, Dartmouth menerima 4.248 mahasiswa baru tahun ini.

5. Harvard University
Sebagai universitas terbaik ke dua se-dunia, kampus tesebut hanya menerima 6.655 mahasiswa dari seluruh dunia tahun ini. Universitas yang terkenal dengan Jurusan Hukum dan Liberal Arts, kampus dengan motto Veritas (Kebenaran) tersebut pun memiliki tim atletik yang sangat diperhitungkan yakni The Crimson. Kampus yang terletak di Cambridge, Massachusetts juga memiliki media massa online yang sangat aktif dengan nama The Harvard Crimson.

6. Princeton University
Kampus yang terketak di New Jersey tersebut dikenal dengan kampus swasta yang mahal. Meski demikian, universitas dengan motto Dei sub numine viget (Di bawah kekuatan Tuhan Dia berkembang), tetap bisa menjaring 5.113 mahasiswa tahun ini. Pronceton juga memiliki klub atletik yang dikenal dengan nama The Tigers

7. University of Pennsylvania
Terletak di Philadelphia, kampus dengan tim atletik yang bernama The Quakers tersebut menerima mahasiswa baru sebanya 10.337 orang tahun ini. Dengan motto Leges sine moribus vanae (Hukum tanpa moral adalah sia-sia), kampus tersebut juga sering disebut dengan Penn.

8. Yale University
Dengan tim atletik yang bernama The Bulldogs, Yale merupakan saingan Harvard University. Yale terletak di New Haven, Connecticut dengan jumlah penerimaan mahasiswa baru hanya sebanyak 5.275 orang tahun ini. Semboyan kampus tersebut yakni Lux et veritas (cahaya dan kebenaran) yang menjadikan Yale merupakan kampus terbaik di Liberal arts. (rhs)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

SPEAK UP

Kemerdekaan di Mata Anak Muda Indonesia

Tahun ini Republik Indonesia memasuki usia 69 tahun. Bagaimanakah anak muda memaknai dan mengisi kemerdekaan Tanah Air? Kirimkan pendapatmu melalui rubrik Suara Mahasiswa periode 15-22 Agustus 2014 dengan tema "Kemerdekaan di Mata Anak Muda Indonesia" ke alamat kampus.okezone@mncgroup.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA ยป