Kuasai Bahasa Asing (2)

Tata Bahasa, Masalah Umum Belajar Bahasa Asing

Senin, 05 September 2011 12:20 wib | Riani Dwi Lestari - Okezone

Tata Bahasa, Masalah Umum Belajar Bahasa Asing foto: Corbis JAKARTA - Mempelajari bahasa asing, merupakan suatu kewajaran jika menemukan kendala. Banyak hal yang mungkin saja bisa menjadi kendala mahasiswa selagi menjalani proses penguasaan bahasa asing.

Masalah umum yang kerap dialami mahasiswa dalam mempelajari bahasa asing biasanya terletak pada kendala tata bahasa atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan grammar.

Definisi tata bahasa yang dikutip dari wikipedia, adalah ilmu yang mempelajari kaidah-kaidah yang mengatur penggunaan bahasa. Ilmu ini merupakan bagian dari bidang ilmu yang mempelajari bahasa, yaitu linguistik.

Beberapa mahasiswa sendiri mengaku kesulitan dalam mempelajari tata bahasa. Seperti yang dialami mahasiswi The London School of Public Relation, Citra Ayu.

"Aku bisa bahasa Inggris, namun belum terlalu fasih. Jujur saja aku mengalami kesulitan ketika belajar tata bahasa. Karena rumit, dan sering kali terbolak-balik," aku Citra melalui Blackberry Messanger (BBM), Senin (5/9/2011).

Menurut Citra, tata bahasa merupakan bagian krusial dalam penguasaan bahasa asing,

"Karena jika salah meletakkan kata dan salah tulisan, maka artinya akan berbeda sekali. Selanjutnya jika salah sedikit maka akan pengaruhi keseluruhan kalimat, semua jadi salah," lanjutnya mahasiswi yang sedang menyelesaikan tesis tersebut.

Hal serupa juga dialami mahasiswi tingkat akhir Universitas Pakuan Bogor, Ria Mulyanti. Bedanya, Ria tengah mempelajari bahasa Korea.

"Sebenarnya saya tidak terlalu banyak menemukan kesulitan pada bahas Korea. Hanya sja, ketika masuk pada bagian tata bahasa, saya agak kesulitan," jelas Ria.

Dalam bahasa Korea, lanjut Ria, tergantung kalimat yang digunakan. "Makanya, dalam urusan tata bahasa bisa dipelajari dengan memenggal beberapa kata, frase, dan kalimat," lanjut mahasiswi berkerudung tersebut.

Memang cukup sulit mempelajari dasar-dasar dalam bahasa asing, namun hal tersebut merupakan hal yang paling penting. Sebab, tata bahasa bisa menunjukkan apa konteks yang ingin dikemukakan dalam satu kalimat.

Apakah kamu juga mengalami kesulitan yang sama ketika mempelajari satu bahasa asing?  (rhs)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

SPEAK UP

Mahasiswa dan Suara Politik

Dalam urusan memilih pemimpin, apakah suara mahasiswa dalam pemilu juga penting dan ikut menentukan nasib bangsa di masa depan? Kirimkan pendapatmu melalui rubrik Suara Mahasiswa periode 29 Juni - 6 Juli 2014 dengan tema "Mahasiswa dan Suara Politik" ke alamat kampus.okezone@mncgroup.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA »