Mahasiswa Sanata Dharma Terbaik se-Asia Pasifik

Rabu, 13 Juli 2011 10:01 wib | Koran SI - Koran SI

Ilustrasi : ist. Ilustrasi : ist. YOGYAKARTA – Mahasiswi Universitas Sanata Darma (USD) Yogyakarta, Margareth Christina Halim, menjadi juara pertama lomba Patient Counseling Event (PCE) level advance se-Asia Pacific yang digelar di Hotel Saphir, Yogyakarta pada 4–6 Juli lalu.
PCE adalah kompetisi yang diselenggarakan secara khusus untuk para calon farmasis atau apoteker. Pada kompetisi tersebut, setiap peserta diminta melakukan kegiatan konseling pelayanan farmasi secara internasional dengan mempergunakan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional.
 
Di babak final tiga besar, Christina berhasil unggul atas pesaing terberatnya, Kartika Citra Dewi PS dari Universitas Indonesia (UI) dan Tan Shu Kuan dari Malaysia. “Saingan terberat ya lawan di babak akhir atau tiga besar,” ujarnya beberapa waktu lalu.
 
Kesulitan yang dialami dalam kompetisi tersebut adalah dia harus dapat memberikan konseling dengan tema yang telah diacak oleh panitia. Setiap peserta diminta menyampaikan informasi kepada pasien berdasarkan peresepan obat yang telah ditentukan.

Beberapa negara yang mengirimkan wakilnya dalam kompetisi tersebut, yakni Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Australia, Singapura, Thailand, Malaysia, dan Indonesia. Adapun juri yang memberikan penilaian berasal dari International Pharmaceutical Student Federation (IPSF), Akademisi dari Fakultas Farmasi UGM, dan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI).

”Yang mewakili Indonesia adalah mahasiswa farmasi dari UI, Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Univeristas Airlangga (Unair) Surabaya, Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung, dan USD,” kata Dekan Fakultas Farmasi USD, Ipang Djunarko.
 
Sebagai pemenang, selain mendapatkan trofi dan piagam penghargaan, Christina juga berhak mendapatkan tiket mengikuti Asian Pacific Pharmaceutical Symposium (APPS) di Taiwan pada 2012.

Sejak 2008, mahasiswa Fakultas Farmasi USD tercatat selalu mendominasi PCE di tingkat nasional maupun internasional. “Prestasi terakhir dicatat CA Rosita Indah dengan menjadi juara III pada PCE internasional di Slovenia pada tahun 2010,” ungkapnya. (maha deva)
(Koran SI/Koran SI/rhs)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

  • 24
    April
    Kamis, 24 April 2014
    Serunya Ikut PNJ Fair 2014
  • 26
    April
    Sabtu, 26 April 2014
    Korean Culture Day 2014 di UI
  • 27
    April
    Minggu, 27 April 2014
    Menggila di Hammersonic 2014

SPEAK UP

Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini

Dulu, Kartini memperjuangkan hak-hak perempuan agar bisa setara dengan laki-laki; dalam pendidikan dan banyak hal. Setelah kesetaraan gender tersebut tercapai, bagaimana kita bisa mengisi refleksi perjuangan Kartini?  Kirimkan opinimu melalui rubrik Suara Mahasiswa Periode 21-27 April 2014 dengan tema "Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini" melalui email ke alamat kampus@okezone.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA ยป