Dharmaningtyas: Pensiun Dini Guru, Ide Bagus

Kamis, 30 Juni 2011 15:38 wib | Riani Dwi Lestari - Okezone

Dharmaningtyas: Pensiun Dini Guru, Ide Bagus Ilustrasi: ist. JAKARTA - Pengamat pendidikan Dharmaningtyas menilai, kebijakan mengenai pensiun dini bagi para guru dan guru Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) merupakan ide bagus. Kebijakan ini bertujuan meningkatkan mutu pengajar di Indonesia.

“Saya pikir kebijakan pensiun dini untuk guru itu ide bagus, karena posisi guru-guru yang bisa dibilang sudah cukup untuk pensiun, akan digantikan oleh guru yang lebih muda,” ujarnya saat dihubungi okezone, Kamis (30/6/2011).

Menurut Dharmaningtyas, kebijakan ini sudah dia ketahui mengemuka di kalangan guru supaya diusulkan sejak tahun lalu. Ide tersebut di antaranya termasuk kemungkinan pemberian pesangon antara Rp100-300 juta bagi mereka yang pensiun dini. “Uang pesangon bisa digunakan sebagai modal usaha,” lanjutnya.

Di sisi lain, tambahnya, kebijakan ini juga akan mendorong guru yang masih tersisa makin bersemangat karena takut dipensiunkan segera. “Jadi, formasi guru dapat diisi oleh anak muda yang lebih pandai, kreatif dan lebih berminat menjadi guru, sehingga posisi guru tidak diisi oleh orang-orang yang menjadi guru karena terpaksa,” tuturnya.

Dharmaningtyas mengaku, tidak melihat adanya reaksi negatif mengenai kebijakan ini, sepanjang pelaksaannya tepat. “Tetapi jika berdasarkan hasil penilaian objektif atau sukarela, tidak masalah,” dia mengimbuhkan. (rfa)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

SPEAK UP

Mahasiswa dan Suara Politik

Dalam urusan memilih pemimpin, apakah suara mahasiswa dalam pemilu juga penting dan ikut menentukan nasib bangsa di masa depan? Kirimkan pendapatmu melalui rubrik Suara Mahasiswa periode 29 Juni - 6 Juli 2014 dengan tema "Mahasiswa dan Suara Politik" ke alamat kampus.okezone@mncgroup.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA »