Mahasiswa UMM Berdayakan Warga Desa

Rabu, 21 Juli 2010 13:00 wib | Zia Ulhaq - Koran SI

Ilustrasi: ist. Ilustrasi: ist. MALANG – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menggelar kuliah kerja nyata (KKN) di Desa Ternyang, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang.

Kegiatan yang mereka lakukan antara lain memberdayakan masyarakat desa dengan berbagai aplikasi ilmu pengetahuan. Mahasiswa yang tergabung dalam Kelompok 3 KKN tersebut memulai aktivitasnya sejak 6 Juli lalu hingga 3 Agustus mendatang. Beragam disiplin keilmuan yang didapat selama berada di bangku kuliah, dipraktikkan para mahasiswa gabungan dari Fakultas Hukum, Fisip, Ekonomi, Kedokteran, serta Pertanian.

Kegiatan ini mulai dari pelatihan peningkatan hasil pertanian menjadi produk unggulan serta pemanfaatan beberapa produk sisa pertanian untuk sesuatu yang lebih bermanfaat. ”Produk pertanian berupa ubi-ubian bisa kami jadikan produk unggulan. Selain itu, air kelapa bisa kami ubah menjadi nata de coco. Selama ini kan petani belum mampu membuat kreasi. Karena itu, kami akan lakukan pemberdayaan cara membuat hasil produk pertanian menjadi lebih bermanfaat dan memiliki nilai ekonomi tinggi,” ungkap Koordinator Desa (Kordes) Kelompok 3 KKN UMM, Junaidi.

Mereka juga bekerja sama dengan beberapa anggota lembaga pemberdayaan masyarakat (LPM) dalam melakukan transfer pengetahuan kepada warga. Digelar juga pengobatan gratis kepada warga miskin bekerja sama dengan LSM Bulan Sabit Merah. Pengobatan gratis tersebut sangat diminati warga. Kepala Desa Ternyang, Darmadji, mengungkapkan bahwa mereka merasa sangat terbantu dengan adanya KKN mahasiswa UMM tersebut. (Zia Ulhaq/Koran SI/rhs)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

  • 27
    April
    Minggu, 27 April 2014
    Menggila di Hammersonic 2014
  • 02
    Mei
    Jum'at, 02 Mei 2014
    ITS Expo 2014

SPEAK UP

UN Perlu Pakai Ritual Nggak Sih?

Ujian nasional (UN) sudah di depan mata. Duh, harus rajin belajar nih. Sebelum menghadapi UN, perlu ritual khusus nggak sih buat kalian? Kirimkan pendapat kalian ke rubrik Suara Mahasiswa periode 8-16 Maret 2014 dengan tema "UN Perlu Pakai Ritual Nggak Sih?" ke alamat email kampus@okezone.com. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling kece pastinya.. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA ยป